Bolu Kukus Tepung Beras Merah

Untuk 8 buah

Sumber: Majalah Nirmala Maret 2007

Bahan:

200 g tepung beras merah

1 sdt baking powder

½ sdt garam

½ sdt vanili bubuk

2 lembar daun pandan, robek-robek, simpulkan

3 butir telur

1 putih telur

100 g gula pasir

60 ml minyak zaitun extra light/minyak goreng

minyak goreng untuk mengoles loyang

Cara membuat:

  1. Campur tepung beras merah, baking powder, garam, dan vanilibubuk, aduk rata. Sisihkan.
  2. Siapkan 8 buah loyang bundar lubang tengah berdiameter 10cm. (Bila tak ada, Anda bisa menggunakan loyang besar berlubangtengah dengan diameter 20 cm.) Olesi minyak goreng. Panaskan dandangberisi air, tambahkan daun pandan ke dalam air. Panaskan loyang,pasang tutup dandang.
  3. Sementara itu, kocok telur dan gula pasir dengan mikserkecepatan tinggi hingga putih dan kaku, angkat mikser. Masukkan campuran tepung beras merah, aduk dengan spatula. Tambahkan minyakzaitun/minyak goreng, aduk rata.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah panas, kukus hinggamengembang dan masak (25 menit), angkat. Setelah hangat, keluarkankue dari loyang. Sajikan hangat.

Tepung beras merah mudah dibuat sendiri dengan cara merendam berasmerah dalam air selama 2 jam, kemudian tiriskan dan giling berasmerah menggunakan grinder (terdapat satu set bersama blender) hinggahalus dan tidak perlu diayak.

1 komentar

mamisamy mengatakan...

salam kenal mbak...thx banget ya info resepnya..udah lama nih nyari resep kue yg pake tepung beras merah.punya banyak tepung beras merah sisa mpasi samy ga tau mo diapain..sukur deh ktemu blog ini...thx yaa

Gambar tema oleh andynwt. Diberdayakan oleh Blogger.