Selasa, 25 Agustus 2009

Pudak Jagung


Recipe by: Lia

Bahan:

500 gr jagung manis yang udah diparut
(boleh diparut kasar sebagian)
250 gr kelapa setengah tua, parut memanjang

100 – 150 ml santan kental
(sesuaikan takaran dengan kondisi jagung)
50 gr maizena

½ - 1 sdt vanilla essence
(dikit aja biar gak ngalahin aroma jagung)
75 gr gula pasir ato sesue slera
(sesuaikan dengan kadar kemanisan jagung)
½ sdt garam ato secukupnya

Kulit jagung segar untuk membungkus


Cara:

Aduk semua bahan jadi satu.
Ambil selembar kulit jagung, letakkan 1-2 sdm adonan di salah satu sisinya, atur memanjang lalu gulung dengan hati2. Semat kedua ujungnya pake tusuk gigi ato lidi (kayak ngebungkus lemet gituh...) Kerjakan sampe adonan habis, kukus dengan uap panas selama 20-30 menit ato sampe matang. Sajikan gituh ajah, ato kalo suka kelapa yang royal bisa disajikan dengan taburan kelapa parut lagih.
Note:

Kalo gak ada kulit jagung, boleh pake loyang biasa ajah. Cuman aromanya kurang wangi ajah.
Pilih jagung manis yang tidak terlalu muda, gue pake yang setengah tua biar ga terlalu lembek. Sebaliknya, kalo pake jagung lokal pilih yang muda agar hasilnya empuk.

Tidak ada komentar: