Tips Memakai Cake Ring

Rangkuman diskusi di milis NCC yang dibuat oleh Ellyza dian.
Materi dirangkum berdasarkan respon yang diberikan oleh Mbak Ika Kurnia, Mbak Ruri, dan Mbak Emma Isti.

Cara memakai cake Ring agar menghasilkan cake yang tetap rapi
  • lapisi keliling cake ring dengan mika gulungan atau plastik atau kertas parchment paper/wax paper/kertas roti atau aluminum foil yang dipotong sesuai keliling dan tinggi cake ring. Setelah ganache set/mengeras, angkat cake ring. Lepaskan mika atau bahan pelapis lainnya yang menempel di cake pelan-pelan sambil merapikan ganache dengan pisau palet. Kalau menggunakan kertas roti harus ekstra hati-hati, karena kertas roti cenderung mudah basah
  • Tanpa lapisan. Caranya setelah dimasukkan kulkas semalaman, keluarkan lalu kikis sekeliling pinggiran cake dengan pisau palet, lalu angkat cake ring nya. Atau bisa juga menggunakan blow torch. Dengan blow torch sisi paling luar akan meleleh sedikit dan ring menjadi sedikit longgar, kemudian perlahan-lahan dorong dari bawah sampai seluruh kue keluar dari ring.
  • untuk menghasilkan lapisan yg tebal sesuai yg diinginkan, sebelum kue diletakan di ring, keliling dinding ring dilapisi dulu dengan ganache/cream ( bila memakai cream). Ketebalannya dibuat sesuai yg dikehendaki. Setelah seluruh dinding terlapisi, baru mulai susun cake dan fillingnya, terakhir tutup permukaan atas dengan ganache / cream sampai setinggi permukaan ring. bekukan dan keluarkan dari ring.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh andynwt. Diberdayakan oleh Blogger.