Rabu, 26 September 2007

Ice Cream Cake


Sumber: Yohana, NCC


Bahan Vanilla Ice Cream :

500 ml fresh cream

750 ml susu full cream

5 kuning telor

200 gr gula pasir

Vanilla (kemaren pake vanila bean)
1 sdt gelatin powder


Bahan Peach Ice Cream :

500 ml fresh cream

750 ml susu full cream

5 kuning telor

200 gr gula pasir

1 sdt gelatin powder

puree peach (bikinnya dari buah peach kalengan yang diblender sampai halus, ingat ya...buahnya aja)


Cara Bikin :

(Untuk vanilla maupun peach, sebenarnya sama aja.....)


  1. kocok kuning telor dengan sedikit gula dengan cara au bain marie sampai mengembang, sisihkan

  2. panaskan susu dengan sisa gula pasir sampai mendidih...(aduk terus selama dipanaskan), kecilkan api

  3. masukkan 2 centong susu panas ke kocokan telor, aduk rata lalu masukkan kocokan telornya ke dalam susu sambil diaduk searah sampai adonannya mengental, (apinya kudu dijaga kecil), matikan api

  4. masukkan fresh cream dan gelatin, aduk rata sampai gelatin lumer semua

  5. dinginkan semalaman (minimal 8 jam)

  6. proses di ice cream maker sampai jadi...ikuti instruksi dari pabriknya ya....
    (buat vanilla ice cream, ekstrak vanillanya dimasukkan barengan dengan gelatin powder, kalo yang peach, puree peachnya masuk pas adonan mau dimasukkan ke ice cream maker (ICM)

Cara Merakit Jadi Ice cake



  1. sediakan 1 buah sponge cake ukuran diameter 22 cm, belah jadi 2siapkan 2 loyang ukuran diameter 20 cm. alasi loyang pakai plastik lengket, biarkan sisanya menjulur keluar loyang, bikinnya 2 lapis biar kuat pas mau keluarin kuenya.

  2. taruh kue didasar loyang, siram dengan es krim yang baru keluar dari ICM, bekukan 2 jam
    sementara yang lapisan pertama lagi di bekukan, sejam kemudian proses lapisan berikutnya....kalo dah jadi siram di atasnya lapisan pertama..bekukan semalaman
    keluarkan ice cake dari loyang dengan cara, dihair dryer pinggir loyang dulu sampai agak hangat, terus tarik plastik lengketnya....
    siap dihias dan disajikan

2 komentar:

yohana mengatakan...

tok...tok...tok...permisi.....lagi blog walking trus ketemu blog ini...mau mengkoreksi ice cream cake, itu sumber resepnya bukan dari kursus ice cake NCC, tapi itu resep hasil uju coba saya plus foto yang di tampilkan di sana adalah hasil jepretan saya. saya pada dasarnya tidak keberatan berbagi resep, asalkan dicantumkan dengan jelas sumber resepnya......

tea mengatakan...

mbak bisa pesen ngak tuh kue yah?