Muffin Pisang Kenari

Sumber: Buku *CAKE & KUE MANIS TANPA GULA TANPA PEMANIS SINTETIS –Aman untuk Pengidap Diabetes, Penyakit Jantung, dan Tinggi Kolesterol/Trigliserida, Cocok bagi yang Ingin Tetap Langsing dan Awet Muda, Pas untuk Bisnis Makanan Sehat* oleh Wied Harry Apriadji (Gramedia Pustaka Utama, 2007)
Bahan:
300 g tepung terigu serbaguna (protein sedang), contoh cap Segitiga Biru
100 g rolled oats/quick cooking oat
2 sdt kayu manis bubuk
2 sdt baking powder
¼ sdt garam
500 g pisang ambon/barangan kupas, lumatkan
150 ml jus jeruk manis, dari 300 g jeruk baby atau jeruk keprok (jeruk pontianak/jeruk medan/jeruk garut)
4 butir telur, kocok asal campur
125 ml minyak zaitun extra light/minyak goreng
125 g kenari iris/kacang mete cincang
minyak goreng untuk olesan
Cara membuat:
  1. Panaskan oven pada suhu 180 ºC. Siapkan cetakan muffin diameter 6-8 cm, olesi minyak goreng. Sisihkan 25 g kenari/kacang mete untuk taburan.
  2. Campur tepung terigu, oats, kayu manis bubuk, baking powder, dan garam. Tambahkan pisang lumat, jus jeruk, telur, dan minyak zaitun/minyak goreng. Aduk searah menggunakan spatula beberapa kali. (Adonan tidak perlu sampai licin. Tepung yang masih bergumpal-gumpal justru akan membuat muffin lebih empuk.) Campurkan kenari/kacang mete, aduk sekadarnya hingga rata.
  3. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga penuh. Taburi kenari/kacang mete. Panggang dalam oven hingga masak (20-25 menit). Keluarkan loyang dari oven, diamkan 15 menit. Keluarkan muffin dari cetakan. Nikmati hangat.
Diposting oleh Ruri, NCC

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh andynwt. Diberdayakan oleh Blogger.