Senin, 20 Agustus 2007

Opor Ayam & Telur

Source : Lia (Heritage from family's collection)

Bahan :
750 gr ayam kampung, potong-potong

6 butir telur rebus kupas
600 ml santan encer
400 ml santan kental
Garam & gula pasir secukupnya
1 sdm air asam

Herbs :
1 batang serai, memarkan

4 lembar daun jeruk
3 butir cengkeh
4 cm kayu manis
2 lembar daun salam

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah

4 siung bawang putih
2 sdt ketumbar sangrai
¼ sdt jintan½ sdt merica bubuk
½ sdt pala bubuk
3 butir kemiri sangrai (bisa ditambah kalo mo kuah yang lebih kental)
2 ruas jari jahe

Cara membuat:
  1. Didihkan santan encer, masukin ayam, herbs dan air asam.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang, masukin ke rebusan ayam bersama telur rebus. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk biar gak pecah. Tambahin garam dan gula.
  3. Setelah ayam empuk dan kuah menyusut, masukin santan kental. Didihkan lagi 10 menit sambil terus diaduk.
  4. Angkat dan sajikan dengan nasi ato ketupat, plus taburan bawang goreng.

** Tips :
Kalo pake ayam ras, abis dipotong2 lumuri air jeruk n diemin 30 menit, bilas dan kukus dulu 15 menit. Kaldu yang ngumpul dibuang aja karena ayam ras kalo dibikin opor rada anyir & makin lama kuahnya makin kental kayak agar-agar.

Tidak ada komentar: