[Info] Brown Cheese Norwegia

Selain salmon...dari perjalanan ke Norwegia kemarin, saya juga membawa keju. Keju berwarna cokelat ini buat saya rasanya beda dan ga biasa.


Diperkenalkan dengan nama Brown Cheese, cukup membuat saya penasaran seperti apa rasa keju cokelat itu.
Cerita brown cheese ini mulai terungkap dalam perbincangan makan malam di Kampen Bistro, Oslo. Jon Eric dan Anne Grette menjelaskan apa yang menjadi ciri khas keju Norwegia. 



Paginya, langsunglah saya inspeksi buffet sarapan pagi di hotel, untuk mencari adakah si keju cokelat ini. Ternyata tak perlu menunggu, pagi itu juga saya bisa mencicipi keju cokelat itu.



Ternyata, rasanya unik...hampir menyerupai peanut butter (kalo buat saya ya ..hehehehe).

Jadi, apa sich brown cheese itu sebenarnya?

Brown Cheese atau Brunost, atau mysost adalah keju yang terbuat dari susu kambing dan dijual sebagai geitost, sebutan di Norwegia untuk keju kambing.  Keju ini terbuat dari susu, krim dan whey, selama beberapa jam hingga air menguap dan panas mengubah gula susu menjadi karamel. Inilah yang membuat warna keju ini menjadi cokelat dengan rasa manis.

Sewaktu saya mencarinya di supermarket lokal, sempat ada beberapa kemasan dengan bahasa Norwegia dan tentunya yang saya ga ngerti *nyengirlebar

Merk TINE adalah salah satu merk yang memproduksi sebagian besar produk keju di Norwegia, termasuk brown cheese.




Sebenernya ada berbagai macam jenis keju...tapi saya ambil yang warnanya cokelat krem atau kuning..karena ini rasanya lebih soft dan terbuat dari susu sapi. Yang lainnya? terbuat dari susu kambing dengan rasa yang lebih kuat dan aroma yang lebih tajam. hmm...

Keju cokelat ini nikmat banget disajikan dengan sepotong roti apapun, dengan atau tanpa butter




Ada tiga pilihan bentuk packaging untuk keju cokelat ini. Hanya menurut penduduk lokal, tentu yang berbentuk blok yang lebih lezat, dibanding dengan bentuk slices atau tube seperti odol.

Harganya?

Satu blok ukuran kecil sekitar 75 Norway Krone

Satu pak slices 60 Norway Krone

Sayang saya ga ngambil juga yang bentuk tube..tapi kira-kira begini rupanya...

  

Foto: Dari Berbagai Sumber

1 komentar

Unknown mengatakan...

weeww.. mantap.. enak keliatannya. bikin ngiler hihihi
masirul

Gambar tema oleh andynwt. Diberdayakan oleh Blogger.