Kamis, 10 Mei 2012

French Macaron


Macaron, kue manis yang asalnya dari Perancis ini tidak hanya menarik untuk dirasa tapi juga dilihat. Warna-warni cantik macaron menjadi satu daya tarik tersendiri.

          Berasal dari kata Italia, maccarone atau maccherone yang artinya fine dough atau adonan yang lebih halus, macaron dapat ditemukan dalam berbagai rasa. Mulai dari rasa tradisional seperti cokelat atau raspberry hingga rasa baru seperti cappuccino dan green tea. Awalnya berasal dari Perancis dengan sebutan macaroon. Namun dalam bahasa Inggris, macaroon juga mengacu pada kata macaroon sebagai ‘kelapa’. Kemudian banyak yang mengadopsi ejaan Perancis menjadi macaron untuk membedakan dua hal tersebut.
          Sejarah macaron masih belum dapat dipastikan berasal darimana. Hanya banyak yang menyebutkan bahwa macaron dibawa dari Italia ke Perancis oleh Ratu Catherine de Medici, isteri Raja Perancis, Henry II, beserta juru masaknya pada tahun 1533.  Menjadi populer di Perancis ketika dua orang biarawati Carmelite yang membuat macaron dan menjualnya untuk membiayai kehidupan mereka di saat terjadi revolusi Perancis. Adalah Pierre Herme yang memiliki ide merekatkan dua keping macaron dengan isian krim dan kemudian lebih dikenal sebagai art master yang menciptakan aneka rasa macaron yang lebih modern.
          Di kota Montmorillon, macaron begitu terkenal hingga terdapat sebuah museum yang didedikasikan untuk ketenarannya. Resep macaron di sebuah toko macaron tertua di Montmorillon, Maison Rannou-Metivier,  tidak pernah berubah selama lebih dari 150 tahun.
          Bentuk khas yang ditandai lingkar halus, kubah atas berpori (atau yang disebut sebagai ‘kaki) dan basis datar ini memiliki rasa manis dengan tekstur garing di bagian luar dan chewy di bagian dalam. Rasa almond sangat dominan di bagian kulit yang diberi isian ganache, buttercream atau selai dengan metode pengisian dijepit di antara dua macaron seperti cookie sandwich.

        
Laduree – Perancis
          Macaron di toko kue ini begitu terkenal. Bisa dibilang, disinilah macaron asli diproduksi. Aneka rasa macaron yang lezat dan kemasan yang tak kalah cantik disesuaikan dengan musim atau tema tertentu yang sedang berlangsung.
          Toko kue ini adalah toko Louis-Ernest Laduree, paman dari Pierre Herme yang terkenal dengan idenya merekatkan macaron dengan isian berbagai macam rasa. Di sana, Anda tidak hanya disuguhkan dengan manisnya rasa macaron tapi juga susunan begitu banyaknya macaron dengan warna-warni menarik. Banyak kreasi cantik dari macaron. Salah satunya adalah menara yang ditempel dengan susunan warna macaron menjulang tinggi sebagai centre point dalam sebuah acara.
          Saking terkenalnya, Laduree sering digunakan sebagai tempat shooting film-film seperti Marie Antoinette dan Gossip Girl. Kabarnya, di tahun 2012 ini akan dirilis kosmetik yang terinspirasi dari warna-warna macaron mereka. Wow!



Macaron

Bahan
100 gr almond powder
200 gr gula halus
Sedikit garam
Sedikit vanila bubuk

80 gr putih telur
5 gr EWP (egg white powder)
30 gr gula pasir
Sedikit pewarna bubuk

Cara Membuat
Campur almond powder, gula halus, garam dan vanila bubuk. Aduk rata lalu haluskan dengan menggunakan grinder. Ayak hingga campuran bahan kering benar-benar halus. Sisihkan.
Kocok putih telur dan EWP hingga berbusa. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit lalu kocok terus hingga putih telur kaku, gula larut dan adonan terlihat mengkilap. Tambahkan pewarna bubuk dan kocok hingga rata.
Masukkan adonan putih telur ke dalam campuran bahan kering. Aduk perlahan hingga rata dan adonan menjadi sedikit encer.
Masukkan adonan dalam piping bag lalu gunting ujungnya (bisa juga menggunakan spuit bulat besar) lalu semprot adonan membentuk bulatan-bulatan di loyang datar atau loyang untuk kue kering yang dialas dengan silpat atau baking paper. Jangan lupa untuk memberi jarak antara bentuk bulatan. Hentakkan loyang agar bulatan penuh dan gelembung udara keluar dari adonan yang sudah dibentuk.
Diamkan adonan selama kurang lebih 1/2 jam dalam ruangan dingin (ber-AC) hingga permukaan menjadi kering.
Setelah kering, panggang macaron dalam oven bersuhu 160°Celcius yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Panggang hingga macaron matang.

1 komentar:

Andri Wahyu Sulistyo mengatakan...

kalo boleh taw dmn ya bs beli almond powder?apakah sama dengan baking powder?dan kira2 kisaran harganya berapa ya?

salam kenal ya
kl ada waktu bolehlah berkunjung ke blog saya
http://www.mautau.net/