[Tips] Ganache Siram


Sumber dari Yulinda yang diposting di milis NCC

Chocolate ganache yang dijadikan sebagai coating bisa didapat dari dark cooking chocolate dan whipped cream dengan perbandingan 1:1. Panaskan whipped cream hingga pinggirannya berbuih lalu masukkan dark cooking chocolate yang sudah dicincang. Aduk hingga cokelat meleleh sempurna dan tercampur rata dengan whipped cream. Diamkan sesaat hingga uap panas menghilang baru kemudian siram di atas cake yang sudah dirapihkan dan dioles dengan sedikit buttercream.


Bila menggunakan Chocolate special coating, tidak perlu menambahkan whipped cream. Cukup lelehkan cokelat dan siram di atas cake. Suhu cokelat yang tepat untuk disiram di atas cake adalah 35-40 derajat Celcius. Tips dan trik:

  1. Lakukan crumb coat terlebih dahulu terhadap cake, yaitu dengan memoleskan buttercream/whipped cream/ganache kocok ke semua permukaan cake, tipis saja, hanya untuk mengikat remah2 dan membuat permukaan cake lebih halus dan rata.
  2. Jangan memoles ganache siram dengan spatula hanya untuk meratakan atau menutup bagian yg belum tertutup ganacheu. Cukup dengan memÍringkan cake sedemikian rupa agar ganache yg masih berada di atas cake mengalir merata.
  3. Untuk tampilan ganache yg berwarna hitam pekat dan berkilau seperti kaca, dapat ditambahkan sedikit unsalted butter kedalam ganache yg msh cair.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh andynwt. Diberdayakan oleh Blogger.