Selasa, 18 Agustus 2009

New York Style Cheesecake


(Sumber: Majalah Santap)
Untuk 12 porsi

Bahan:
500 g (2 kotak) keju krim (Philadelphia Cream Cheese), lembekkan pada suhu ruang
200 g gula pasir halus (kastor)
1 sdm tepung maizena
3 butir telur besar (@ 60 g)
3 sdm jus lemon
1 1/2 sdt vanilla extract (Kalau tidak ada, hilangkan. Jangan diganti dengan esens vanili.)
1/4 sdt garam
500 ml krim asam (sour cream)

Lapisan orange jelly, campur dan tim sampai transparan: (topping ini optional, bisa diganti blueberry atau yang lain)
125 ml jus orange, saring
3 sdm gelatin bubuk
sedikit pewarna orange (optional)
Peralatan khusus:
  • loyang bundar bongkar pasang 20 cm, tinggi 5 cm
  • loyang persegi atau roasting pan untuk au bain marie (tingginya jangan lebih tinggi dari loyang bongkar pasang, karena akan menghambat proses pemanggangan)
Cara Membuat:
  1. Panaskan oven 180 derajat Celsius. Olesi dasar loyang bongkar pasang dengan mentega, lapisi dengan kertas roti, lalu olesi kertas dengan mentega pula. Bungkus dasar dan bagian luar loyang dengan 2 lapis heavy duty aluminium foil untuk mencegah adonan merembes keluar.
  2. Dalam mangkuk yang besar, kocok cream cheese dan gula hingga sangat lembut. Kocok ke dalamnya tepung maizena, lalu tambahkan telur satu demi satu, kocok sampai rata. Tambahkan jus lemon, vanila extract dan garam, kocok lagi. Masukkan sour cream, kocok sampai tercampur.
  3. Tuang adonan ke dalam loyang bundar. Taruh loyang bundar dalam loyang persegi yang berisi air panas setinggi 2,5 cm. Panggang selama 45 menit.
  4. Setelah selesai pemanggangan, matikan api, tapi biarkan pintu oven tertutup. Dinginkan cake dalam oven selama 1 jam. Keluarkan dan pindahkan ke rak kawat, lalu dinginkan lagi hingga mencapai suhu ruang (1 jam). Tuang adonan orange jelly ke atas permukaan cheesecake. Tutup dengan plastik lengket dan simpan di lemari es semalaman.

Tidak ada komentar: