Selasa, 21 Agustus 2007

Kue Lumpur

Source : Fatmah Bahalwan

Selain toppingnya, isinya-pun bisa di modifikasi dengan kacang hijau kupas, ubi rebus, dan lain-lain tidak melulu kentang......sekali waktu boleh juga sebagian santan diganti denngan air daun suji...wooww, jadi cantik dan wangi abisz dech.....:-)

yang belum punya cetakannya, pake cetakan mangkuk kecil-kecil, jadinya tetap uenaaakkk.
Kue ini bisa juga di kukus, kira2 30 menit. Kalo nggak punya cetakan kecil-kecil, kukus langsung di pyrex juga okeh. Kukusan dibuka tutup juga aman aja....

wis ini kue paling gampang dibikin, rasanya enak dan tingkat kegagalannya??? .... tidak ada.... :-)

Bahan :

500 gr gula pasir

500 gr tepung terigu
1 kg kentang, kukus dan haluskan
200 gr margarine, cairkan
5 kuning telur4 putih telur
1 ltr santan dari 1 btr kelapa, rebus, dinginkan
1 sdt vanilli1 sdt garam

Cara membuat :
1. Kocok gula dan telur sampai putih dan mengembang
2. Masukkan garam dan vanilli sambil terus dikocok.
3. Setelah rata masukkan santan, kocok dengan kecepatan rendah.
4. Masukkan kentang halus, aduk rata. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
5. Terakhir tambahkan margarine cair
6. Cetak pada cetakan kue lumpur.

****** untuk variasi ******

toppingnya bisa diberi irisan nangka, pisang, kismis atau kelapa muda.

Catatan dari Yeni :

Bikin 1/2 resep aja jadinya udah sekitar 30-40 buah kue lumpur... trus aku suka tambahin keju parut di adonan dan keju cheddar dipotong kotak kecil sebagai toppingnya... rasanya makin yummyyyyy....

Tidak ada komentar: