Rabu, 09 September 2009

Schuimpjes

Sumber: Putu Rea, Bali

Bahan:
120 cc putih telur
300 gram gula halus
4 sdt air jeruk nipis
spikel*) secukupnya
pewarna makanan secukupnya

Cara membuatnya :
  1. Siapkan loyang datar, olesi margarin dan taburi dg tepung terigu.
  2. Panaskan oven dg suhu kecil banget.... mata apinya sebesar mata korek api. Jadi suhu oven kalo kita masukkan tangan kita hanya berasa hangat.
  3. Masukkan putih telur ke dalam baskom yg diletakkan dalam wadah berisi air panas. Kocok putih telur sampai mengembang. Masukkan gula sedikit2 sambil dikocok terus sampai gula habis dan putih telur menjadi kaku.
  4. Masukkan air jeruk nipis, kocok rata.
  5. Bagi adonan menjadi beberapa mangkuk kecil sesuai dg warna yg diinginkan. Beri warna, aduk rata.
  6. Masukkan adonan dlm pipping bag yg telah diberi spuit bintang. Semprotkan ke atas loyang datar, beri jarak.
  7. Beri taburan spikel secukupnya bila diinginkan.
  8. Masukkan loyang ke dalam oven, dan panggang sampai kering. Lama pemanggangan bisa sampai 1 jam.

Minggu, 30 Agustus 2009

Manisan Kolang Kaling / Buah Atap


Sumber: Ika Kurnia

Bahan:
2 kg buah atap/kolang-kaling
2 liter air cucian beras *)
1, 5 liter air
4 lembar daun jeruk purut
2 lembar daun pandan, potong-potong
600 g gula pasir
pewarna merah

Cara membuat:
Cuci bersih kolang-kaling. Rendam kolang-kaling dalam air cucian beras selama 4 jam atau lebih agar lendir dan aroma asamnya hilang. Tiriskan.Bilas dengan air bersih, tiriskan kembali.
Rebus kolang-kaling bersama air, daun jeruk, dan daun pandan hingga mendidih.
Masukkan gula dan beri beberapa tetes pewarna merah. Masak terus hingga air berkurang dan kolang-kaling menjadi merah. Tiriskan kolang-kaling.
Jerangkan air siropnya hingga agak kental. Masukkan kembali kolang-kaling dan masak dengan api kecil hingga air siropnya habis atau hampir kering. Angkat.
Dinginkan. Taruh dalam wadah tertutup. Simpan dalam lemari es.

Untuk 2 kg

*) Air cucian beras adalah air yang keruh saat beras disiram air bersih dan diaduk/dicuci.

Apple Tart Streusel


Sumber: Vitri (Natural Cooking Club)

Kulit Pie :
150 gr Butter
250 gr Margarine
250 gr Gula halus (bubuk)
750 gr Terigu
3 butir Telur
1/2 sdt Vanili bubuk
1/2 sdt Baking Powder

Filling :
1 sdm butter
1/2 kg Apel Hijau, kupas, iris2, beri air jeruk lemon / nipis sedikit, aduk rata
100 gr kismis, rendam air panas, lalu tiriskan
1/2 sdt kayu manis bubuk
75 gr gula pasir
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan air

Streusel :
150 gr gula halus
1/4 sdt baking powder
100 gr butter
150 gr terigu
50 gr Kacang Almond, dihaluskan
Kacang Almond iris, secukupnya

Cara membuat :
Kulit pie : aduk rata semua bahan pelan2, lalu cetak di cetakan pie. Tusuk2 dengan garpu.
Filling : lelehkan butter, masukkan semua bahan, aduk rata, masak sebentar saja cukup hingga maizena mengental. Isi ke dalam kulit pie

Streusel : aduk semua bahan dengan garpu hingga berbutir2, taburkan diatas isi. Taburi kacang almond iris jika suka
Panggang hingga matang dengan panas oven 170 C

Hasil : 1 loyang pie besar, tapi bisa juga dibikin kecil2 ... bisa jadi banyak

Kastengel Krudang


Sumber: Yunita Bahan : 200 grm margarin 1 btr telur 1 btr Putih telur 50 grm keju parut 100 grm krupuk udang (yg sudah digoreng, ditiriskan, di blender smp halus) 200 grm tepung trigu kuning telur utk memoles 50 grm keju parut utk taburan Cara :
  1. Kocok margarin hingga lembut (kurleb 5-7 menit), tambahkan keju parut & kerupuk udang halus. Aduk rata.
  2. Tambahkan tepung terigu. (kalo pake spatula susyah mengaduknya, pake tangan aja. Asal tangan dah bersih or pake sarung tangan plastik). Aduk rata. Diamkan sesaat (boleh dimasukkan ke lemari es kurleb 15-30 mnt) agar adonan mudah digiling.
  3. Giling adonan setebal yg diinginkan (misal : 1/2 cm) Pake 2 penggaris biar sama rata.kemudian cetak dg cetakan kastengel ato bentuk bunga.Tata dlm loyang. Olesi dg kuning telur dan taburi keju
  4. parut diatasnya.
  5. oven dengan api sedang. Untuk waktunya maaf..aku lupa tidak melihat jam brp menitnya (lempar centhong ke kepala sendiri deh...;p) Habis suka lihat langsung ke kue yg di oven. Kalo dah agak matang, posisi loyang yg plg bawah di tuker ma loyang yg diatasnya.

Trik Memisahkan Kuning Telur


Cara 1 (postingan Misne Sadyardjo):
  • Pecahkan telur dlm sebuah mangkok kecil, kmd ambil kuning telurnya dg sendok sayur spt terlihat dlm foto berikut. oya, sewaktu memecahkan kulitnya, hati2 jangan sampai kena kuningnya, maksudnya jgn tll semangad gitu...:).
Cara 2 (postingan Shirley)
  • Kalo cuman sedikit, biasanya aku tuang-tuang aja di kulit telur sambil benang-benang putih telurnya aku putusin.
  • Kalo banyak, aku pecahkan di baskom lalu aku ambil dengan jari-jari yang dirapatkan dan telapak menghadap ke atas (seperti posisi tangan menampung air wudhu). Cara kedua ini lebih cepat dari yang pertama.

Kamis, 27 Agustus 2009

Tape Ketan Hijau

By : Fatmah Bahalwan
Bahan :
500gr beras ketan putih
2 gelas air
2 btr ragi tape
2 sdm gula kastor
1 sdt pandan pasta
Cara Membuat :
  • Rendam beras ketan dalam air yg diberi sedikit pandan pasta lk. 4 jam (atau semalaman), lalu kukus
  • Sementara mengukus, didihkan air.
  • Saat ketan sudah panas kepul-kepul, siram-siram dengan air mendidih (posisi tetap diatas kompor) sambil diaduk-aduk hingga semua ketan terkana air panas. Teruskan mengukus hingga ketan matang.
  • Angkat ketan, gelar dalam nampan atau tampah, biarkan hingga benar-benar dingin, kalau perlu dikipasin deh J
  • Haluskan ragi tape, taburkan pada ketan hingga rata banget, pokoke semua ketan kena ragi. Kemudian taburkan juga gula kastor.
  • Taruh semua ketan dalam wadah, tutup rapat. Diamkan selama 3 hari 2 malam (boleh ditinggal nginap weekend di hotel hihihi...)
Tips :
  • Bila nggak takut bintitan, cari wadah plastik yg transparan, shg anda bisa mengintip metamorfosa- nya si tape.
  • Bila menghendaki tape ketan hitam, ganti beras ketan putih dengan ketan hitam lalu rendam semalaman. Buat tape dg cara yg sama.

Puding Cokelat Spesial ala Lia

Sumber: Lia


Meski tanpa kuning telur, puding ini tetep padat dan kaya rasa. Gabungan konnyaku/jelly powder dan bubuk agar2 dengan perbandingan 1:1 menghasilkan tekstur yang lebih kenyal, kompak dan tidak mudah berair bila disimpan lebih lama.

Bahan:

7 gr (1 bungkus) agar2 bubuk warna putih

7 gr (1 bungkus) jelly/konnyaku bubuk warna putih

100 gr gula pasir /sesue slera

½ sdt garam

3 sdm coklat bubuk (me: Van Houten ato Delfi)

300 gr DCC, potong2

200 ml whipping cream cair

1 liter freshmilk jenis fullcream (me: ultra)

300 ml susu evaporated

200 ml putih telur, kocok kaku

Cara:

Hangatkan whipping cream dengan api kecil, angkat & masukin potongan DCC. Aduk2 sampe semua DCC leleh dan merata.

Campur bubuk agar, bubuk jelly, gula pasir, coklat bubuk & garam. Tuangi campuran cream dikit2 sampe abis sambil diaduk rata pake whisker biar ngga berbutir.

Tuangi susu evap dan freshmilk secara bertahap sambil tetap diaduk pake whisker hingga tercampur rata.

Rebus adonan dengan api sedang sambil diaduk2 terus pake whisker hingga mendidih dan kental, angkat. Diamkan 5 menit.

Tuang setengah adonan sekaligus ke dalam kocokan putih telur yang udah kaku sambil dimixer dengan kecepatan tinggi sampe rata, tuangi lagi dengan sisa adonan, kocok lagi sebentar hingga bener2 rata.

Tuang ke cetakan puding, bekukan & dinginkan di kulkas. Sajikan dengan fruit coctail atau saus sesuai selera.

(bisa jadi 2 cetakan puding ukuran sedang)

Goathoofs - Bokkepootjes


.

Bokkepootjes

recept

4 eiwitten (van M eieren)
175 g poedersuiker
250 g gemalen amandelen
1/2 citroenschil geraspt
1/2 tl
kaneel
1,5 zakje vanillesuiker
70 g geschaafde amandelen abrikozenjam (of*)
200 g pure chocolade spuitbus vet

Verwarm de conventionele oven voor op 150ºC. Leg bakpapier op de bakplaat en spray deze in met vet. Sla de eiwitten stijf met een snufje zout. Roer voorzichtig de poedersuiker en de vanillesuiker erdoor en klop dan tot het een glas krijgt. Roer dan de amandelen en de citroenschil erdoor. Zorg voor een hoge beker of glas in de buurt om de spuitzak in te parkeren. Vul een spuitzak met spuitmondje 1 cm. Maak wormpjes van 5 cm lang (let op ze zakken iets uit, dus afstand van elkaar). Bestrooi ze met amandelschaafsel. Bak ze 15 minuten (de randen zijn dan gekleurd en het midden nog vrij licht). Haal ze met een mes van de bakplaat en laat ze afkoelen op een rooster. Besmeer ze met jam en plak er telkens 2 aan elkaar. Verwarm de chocolade met de magnetron in glazen bakje 450 Watt, telkens roeren. Doop ze aan beide uiteinde erin en leg ze op een snijplank bekleed met bakpapier. Laat ze in de koelkast stollen. (ik heb grotere eieren gebruikt daardoor werden ze vrij plat. Rating: ***** *
in de winkel zit er een soort hazelnoot- of mokkacreme tussen. Mokkacreme zie cremes.

* * *

Recipe

4 medium eggwhites
175 g confectionary sugar
250 g almonds ground >>> ide Lia: bisa diganti mente or kacang dihaluskan

1/2 lemon grated peel
1/2 tl cinnamon
45 g Vanilla sugar >>> ide Lia: bisa diganti vanilla essence secukupnya, lalu tambah takaran gula sebanyak 45 gr
70 g amonds sliced >>> ide Lia: bisa diganti kacang sangrai cincang ya
Apricotmarmalade >>> ide Lia: bisa diganti selai apa aja buat lem. Ah, ganti coklat ajah buat lemnya.
200 g dark chocolat fat >> ini DCC kan

Heat the electric oven 300º F. Put a piece of bakingpaper on the thing you put the cookies on. Spray fat on it. Beat the eggwhites with a little salt (verry little) Stir careful the confectionary suger and the vanillasuger though the eggwhites until there is a little shine in it. Put than by the eggwhites the almond an citron. fill a cookie tri-angel sac. I don't know how you call that. Make worms of 2 inch. With anough space between them. Put a little almond slice over it. Bake them for ca. 15 minutes, the edges becomes a light color. Get them of the paper carefully with a knife en put them on a tray? to cool. Put jam on one cookie and stick another agains it. Melt some chocolat in the magnetron on 450Watt, stirr meanwhile. Put the cookies in the chocolate at both sides. let them cool down on bakingpaper on a cuttingboard. (Sorry for the bad English)

Bitterballen

Source : Majalah Sedap, Posted by Tatik <tatik@busanagroup. com>
Bahan :
200 ml Susu Cair
4 slices Keju Kraft
100 gr Tepung Terigu
100 gr Daging Cincang/Giling
100 gr Jamur Kancing
1/2 bj Bawang Bombay
Merica Bubuk secukupnya
1/2 sdt Garam
4 butir Telur
Tepung Roti secukupnya
Margarine buat menumis
Minyak goreng

Cara Membuat :
  1. Potong keju kraff kecil2.
  2. Panaskan cair diatas api sedang, masukkan keju kraff yg sudah dipotong2 tadi kedalam susu....setelah keju menyatu dengan susu sisihkan.
  3. Cincang bawang bombay lalu tumis dengan margarine sampi harum, lalu masukkan daging cincang/giling. Setelah daging berubah warna berturut2 masukkan jamur kancing, larutan keju susu, garam 1/2 sdt, merica bubuk secukupnya, tepung terigu. Aduk terus sampai adonan liat.
  4. Bentuk adonan bulat2 sebesar kelereng, kemudian masukkan ke dalam telur yg sdh dikocok, lalu guling2kan di tepung rori ( bikin 2x lapisan dengan memasukkannya lg ke dalam kokcak telur en di gulingkan lg pada tepung roti). Goreng dengan minyak sampai matang/berubah warna.
  5. Bitterballen siap dihidangkan hangat2 buat santapan bersama keluara dech.

Bitterballen

Source : Euce, Posted by Elly Tjan <elly_tjan@yahoo. ca>
Bahan :

2.5 lt milk
1.5 kg terigu
3/4 kg ayam
1/2 kg butter
3 siung bawang merah (cincang halus)
5 siung bawah putih

garam, pala, gula,merica secukupnya.

Cara Membuat :
  1. Adonan A : Tumis bawang merah dan putih dengan mempergunakan butter. Masukan tepung terigu dan dimasak sampai harum, kemudian masukan susu sedikit demi sedikit.
  2. Masukan daging ayam (yang telah dicincang dan dimasak terlebih dahulu) kedalam adonan A, tambahkan garam, pala, gula dan merica secukupnya.
  3. Aduk terus adonan agar tercampur rata dan sampai mengental (sampai adonan bisa dibentuk/tidak lengket ditangan). Matikan api.
  4. Dinginkan adonan, dan kemudian dibentuk bulat memanjang.
  5. Lumuri dengan panir (setelah sebelumnya dicelupkan kedalam telur yang telah dikocok).
Tips dari Chefnya :
Menggoreng dengan mempergunakan minyak banyak yang panas, sehingga kulit luar biterballennya bisa renyah tapi dalamnya tetap empuk dan lembut.

Bitterballen

Source : Unknown, posted by Yenni Craft <vanesa@centrin. net.id>
Ini resep bitterbalen yang kemaren sy coba, dapat dari ncc kalo ga salah tp sori sumbernya udah keapus jadi ga tau resep sapa nih. Tp enak kog. Kemaren nyoba daging 100gr aja ajdinya buanyak banget sampe cape ngebuletin nya . mungkin bvisa dicoba 1/2 resep dl. (Yenni)
Bahan :
100 gr margarine
1 bawang bombay (75gr), cincang halus
150 gr terigu
350 ml susu cair
250 gr daging cincang
garam, pala bubuk, merica, gula pasir...secukupnya
100 gr tepung roti
2 telur, kocok sebentar
minyak goreng secukupnya
Cara Membuat :
  1. Sangrai daging sampai airnya habis (tapi jangan terlalu kering)
  2. Panaskan margarine, tumis bawang bombay sampai harum, lalu masukkan terigu. Aduk rata.
  3. Tuang susu sedikit-sedikit, sambil aduk terus hingga adonan rata dan kental. Kemudian masukkan berturut2, daging cincang, garam, pala, merica, gula. Aduk lagi hingga adonan benar2 rata. Diamkan hingga dingin.
  4. Bulatkan adonan, besarnya...sesuai selera. Kemudian gulingkan di tepung roti, celupkan di telur kocok dan gulingkan sekali lagi ke dalam tepung roti.
  5. Goreng di dalam minyak panas yg cukup byk (deep fry) hingga berwarna kuning kecoklat2an. Pakai api sedang, jangan terlalu panas supaya tidak cepat gosong. Angkat, tirikan. Taro di atas kitchen towel, biar gak berminyak.
  6. **Bisa u/ cemilan, bekel ke sekolah, lauk kalo dimakan ama nasi, snack u/ kongkow2...

Ogura

Sumber: Femina
Persiapan : 15 menit
lama memasak/pembekuan : 30 menit/8 jam
untuk : 1liter
kalori per liter : 1457
tingkat kesulitan : mudah sekali
Bahan :
375 ml susu cair
200 gr kacang merah kalengan, tiriskan, tumbuk kasar
5 kuning telur ayam
75 gr gula palem
75 gr gula pasir
125ml krim kental
Cara :
  1. Rebus susu dan kacang merah di atas api kecil hingga susu mendidih dan berubah warna. Angkat, dinginkan. Sisihkan.
  2. Campur kuning telur, gula palem, dan gula pasir. kocok hingga pucat dan kental.
  3. Tuangi larutan susu sedikit demi sedikit sambil kocok rata. tambahkan krim kental, kocok kembali hingga rata.
  4. Tempatkan dalam wadah bertutup, simpan dalam freezer selama 8 jam atau 1 malam hingga beku. keluarkan, keruk dengan sendok hingga es krim tidak beku.
  5. Kocok kembalihingga lembut. Masukkan kembali ke dalam freezer. ulangi langkah no.4 dan no. 5 sebanyak 3 kali. Sajikan.
Tips :
  • Ogura adalah es krim kacang merah yang berasal dari Jepang.
  • Jika tidak ada kacang merah kalengan,pilih kacang merah impor kering. rendam selama 1 malam, tiriskan dan rebus hingga lunak. jangan gunakan kacang merah lokal, keran selain warnanya kurang merah juga rasanya tidak legit.
  • Semakin banyak adonan es krim dikocok, butiran es krim yang dihasilkannya akan semakin lembut.
  • Sebagai alternatif dapat digunakan mesin khusus pembuat es krim. Adonan hanya perlu dikocok selama 1-2 jam sebab dalam mesin tsb terdapat wadah untuk es batu yang membantu adonan es krim menjadi cepat berbutir-butir.
  • Krim kental : kepala susu dengan kadar lemak di atas 40 %. Cairannya mirip susu hanya lebih kental. Di jual dalam kemasan karton di pasar swalayan bagian susu.

Mascarpone

Source : Pak Louise (Bakers Tulip / Pemilik Toko Tania)
Bahan :
250 gr Fresh Cream (cream asli ya spt Elle n Vire yg dari susu, gak boleh non-dairy)
25 g air jeruk lemon/nipis

Cara Membuat :
  1. Masak fresh cream, aduk supaya tidak hangus, sampai mendidih.
  2. Matikan api, masukkan air jeruk lemon/nipis, aduk rata. Biarkan hingga adonan mengental.
  3. Saring dengan kain (bisa kain tipis, bisa serbet bersih), biarkan uapnya hilang.
  4. Bungkus adonan dengan kain saringan, ikat dengan karet/tali.
  5. Letakkan di atas saringan, biarkan airnya menetes.
  6. Simpan di kulkas semalamam. Air akan terpisah, ambil bagian padatnya = mascarpone!

Klappetaart Wilton

Source : Kursus Wilton
Modified & Posted by Ruri Bu Admin <moekti.ichtiarini@ gmail.com>
Bahan :
1000 cc fresh milk
250 gr gula pasir
50 gr tepung terigu
50 gr tepung custard
50 gr maizena
150 gr mentega
6 btr kuning telur -> bisa ditambah max 3 btr
2 btr kelapa muda
100 gr kenari panggang cincang
kayu manis bubuk

Toping :

6 btr putih telur
4 sdm gula pasir
2 sdm tepung terigu
kismis direndam air hangat, peras dan ciprati rhum & kayu manis bubuk

Cara membuat :
  1. Didihkan 800 cc fresh milk dan gula pasir
  2. Larutkan tepung terigu, custard dan maizena dengan 200 cc fresh milk
  3. Masukkan campuran susu dan tepung kedalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup
  4. Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata
  5. Masukkan kenari dan kayu manis bubuk
  6. Masukkan kuning telur satu persatu
  7. Masukkan daging kelapa muda, aduk rata
  8. Masukkan adonan kedalam cup sampai ¾ tinggi
  9. Bakar dengan cara ditim selama 15 menit dengan suhu 160° sampai ½ matang
  10. Kocok putih telur dengan mixer sambil dimasukkan gula sedikit sedikit sampai kaku
  11. Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula
  12. Semprotkan toping keatas adonan ½ matang sampai cukup tinggi, taburi dengan kismis dan kayu manis bubuk
  13. Bakar lagi sampai toping berwarna kekuningan
Hasil ± 30 cup aluminium kecil

Selasa, 25 Agustus 2009

Cendol

Bahan :

100 gr tepung beras/sagu tani

500 ml air/santan

1 sdm air kapur sirih

1 sdm pasta pandan

2 ltr air matang

1 bongkah es batu

Cara Membuat :

  1. Aduk semua bahan jadi satu, masak diatas api sedang hingga menjadi bubur kental.
  2. Taruh air dan es batu dalam baskom. Letakkan saringan cendol diatasnya.
  3. Tuang bubur hijau kedalam saringan, biarkan berjatuhan kedalam air es. Menjadi cendol.
  4. Sajikan cendol dengan santan dan kuah gula jawa.

Kuah Gula Jawa :

250 gr gula jawa

250 ml air

1 lbr daun pandan

Masak semua bahan hingga mendidih dan gula larut, saring.

Bunga Telang


Bunga telang ini dapat digunakan sebagai pewarna alami. Bisa digunakan sebagai pewarna untuk membuat nasi biru atau ketan biru atau kue yang berwarna biru.

Caranya cukup dengan merendam bunga dalam air bersih hingga air berubah warna menjadi biru.

Klappetaart Keju

Source : Kursus NCC
Bahan :
6 btr telur
300 gr gula pasir
1 sdm emulsifier
200 gr tepung terigu
150 gr mentega, lelehkan
250 ml susu segar (evaporated milk)
200 gr kelapa muda, keruk.
1 sdt vanilli extrac
keju parut, untuk taburan
Cara Membuat :
  1. Siapkan loyang 30x30x4cm, polesi mentega dan alasi dengan kertas.
  2. Kocok telur, gula dan emulsifier hingga kental, masukkan tepung terigu aduk rata, tuang mentega leleh dan vanilli extrac, aduk rata, lalu tuangi susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga rata.
  3. Tuang adonan kedalam loyang, taburi atasnya dengan kelapa muda, taburi keju parut dibagian atas.
  4. Oven dalam suhu 180’C selama lk. 30 menit. Angkat, sajikan.

Klappertaart Tape Pisang Raja

Source : Kursus NCC
Bahan A :
300 gr mentega
300 gr gula halus
300 gr tape singkong
1 sdt vanilli extract
Bahan B :
7 btr telur
Bahan C :
225 gr tepung terigu
275 ml santan kental, misal Kara
1 sdt garam
200 gr kelapa muda keruk.
4 bh pisang raja, iris tipis.
Cara Membuat :
  1. Siapkan loyang 30x30x4cm, polesi dengan mentega dan dialas kertas.
  2. Kocok bahan A hingga mengembang , masukkan bahan B, aduk rata dengan whisker, tuangi santan dan tepung terigu secara bergantian sambil diaduk hingga rata, masukkan kelapa mudah, aduk rata. Bagi menjadi 3.
  3. Tuang satu bagian adonan kedalam loyang, ratakan potongan pisang raja diatasnya, tuang lagi satu bagian adonan, beri pisang lagi, tuangi adonan bagian terakhir, lalu panggang dalam oven suhu 180”C selama lk. 30 menit.
Tips :
  • Menghindari klappertart mudah basi, seduh kelapa muda keruk dengan air panas sebentar untuk membunuh bakteri (fb).

Hollanda Klappetaart

Source : Kursus NCC
Bahan :
1 ltr susu segar
200 gr gula pasir
1/2 sdt garam
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
50 gr tepung custard
150 gr butter
6 btr kuning telur
4 btr kelapa muda
100 gr kenari
1 sdm kayu manis bubuk
Topping :
12 butir putih telur
8 sdm gula pasir
4 sdm tepung terigu
kismis
kayu manis bubuk
Cara Membuat :
  1. Cairkan tepung terigu, tepung maizena dan tepung custard dengan susu secukupnya, sisihkan.
  2. Rebus sisa susu segar, gula pasir dan garam sampai mendidih
  3. Masukkan larutan tepung kedalam susu sambil diaduk sampai mendidih
  4. Masukkan butter, aduk rata
  5. Masukkan kayumanis bubuk, kenari cincang dan kuning telur
  6. Masukkan ke dalam loyang sampai 1/2 tinggi
  7. Panggang dengan cara au bain marie sampai setengah matang
  8. Kocok putih telur sampai berbusa, masukkan gula sedikit demi sedikit, kocok lagi sampai kaku
  9. Masukkan tepung terigu, aduk rata
  10. Semprotkan keatas adonan setengah matang, taburi kayu manis bubuk dan kismis
  11. Panggang sampai kuning kecoklatan

Karamel Klapertaart

Source : Kursus NCC
Bahan :
500 ml susu segar
125 gr gula pasir
5 btr telur
2 sdm tepung custard
1/4 sdt garam
2 btr kelapa muda
100 gr almond slice
100 gr kismis
5 lembar roti tawar
200 gr gula pasir
1 sdt air jeruk nipis
2 sdm air panas
Cara Membuat :
  1. Panaskan 200gr gula pasir sampai meleleh, tuang air jeruk nipis dan air panas, masukkan kedalam loyang
  2. Kocok telur dan gula sampai larut, masukkan tepung custard, kocok rata
  3. Panaskan susu dan garam
  4. Campurkan telur kedalam susu, aduk rata
  5. Susun diatas loyang berisi karamel, tabur kayumanis bubuk, kelapa muda, almond dan kismis, tutup lagi dengan roti tawar, buat 2 lapis
  6. Tuang adonan susu kedalam loyang
  7. Panggang dengan au bain marie sampai matang

Pudak Jagung


Recipe by: Lia

Bahan:

500 gr jagung manis yang udah diparut
(boleh diparut kasar sebagian)
250 gr kelapa setengah tua, parut memanjang

100 – 150 ml santan kental
(sesuaikan takaran dengan kondisi jagung)
50 gr maizena

½ - 1 sdt vanilla essence
(dikit aja biar gak ngalahin aroma jagung)
75 gr gula pasir ato sesue slera
(sesuaikan dengan kadar kemanisan jagung)
½ sdt garam ato secukupnya

Kulit jagung segar untuk membungkus


Cara:

Aduk semua bahan jadi satu.
Ambil selembar kulit jagung, letakkan 1-2 sdm adonan di salah satu sisinya, atur memanjang lalu gulung dengan hati2. Semat kedua ujungnya pake tusuk gigi ato lidi (kayak ngebungkus lemet gituh...) Kerjakan sampe adonan habis, kukus dengan uap panas selama 20-30 menit ato sampe matang. Sajikan gituh ajah, ato kalo suka kelapa yang royal bisa disajikan dengan taburan kelapa parut lagih.
Note:

Kalo gak ada kulit jagung, boleh pake loyang biasa ajah. Cuman aromanya kurang wangi ajah.
Pilih jagung manis yang tidak terlalu muda, gue pake yang setengah tua biar ga terlalu lembek. Sebaliknya, kalo pake jagung lokal pilih yang muda agar hasilnya empuk.

Senin, 24 Agustus 2009

Pastel Goreng


Sumber: Natural Cooking Club
Foto: Lisa Mariyana

Bahan :

tepung terigu untuk taburan
2 butir telur rebus, kupas, iris tipis.


Isi :
3 sdm margarin, untuk menumis

4 bh bawang putih

10 btr bawang merah

150 gr daging ayam giling

75 gr wortel, potong dadu

75 gr buncis, iris 1/2 cm

1 sdt garam

1 sdt merica bubuk

1 sdt gula pasir

100 cc susu cair

2 btg daun bawang, iris halus

3 btg seledri, iris halus
Kulit
250 gr tepung terigu

40 gr margarin

100 cc air hangat kuku
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat : Isi :
Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan
daging ayam. Aduk rata.
Setelah berubah warna, masukkan wortel, buncis, garam, merica, gula.

Tuangi susu, masak hingga matang.
Masukkan daun bawang dan seledri.
Aduk, angkat.
Campur semua bahan menjadi satu, uleni adonan hingga lembut dan dapat dibentuk.

Gilas adonan hingga setebal ± 1/4 cm di atas meja bertabur tepung terigu.

Cetak bentuk bundar bergaris tengah 10 cm.

Kaastengel Bunga



By: Fatmah Bahalwan


Bahan:

300 gr mentega

200 gr keju tua parut

400 gr tepung terigu protein sedang

2 sdm susu bubuk

2 btr kuning telur

Bahan polesan:

2 btr kuning telur

Taburan : Keju cheddar parut

Cara membuat:

  1. kocok mentega dan telur dg kecepatan rendah, sebentar saja, masukkan keju, aduk rata, masukkan tepung terigu, aduk rata.
  2. Tipiskan adonan dengan bantuan plastik lembaran, poles dengan bahan polesan, taburi keju cheddar parut.
  3. Cetak bentuk bunga, tata di loyang. Oven hingga matang. Suhu 125’C selama 20 menit.

Fried Scallop Balls

By: Lia, dapurgue

Bahan:

250gr scallop segar
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam ato secukupnya
1/2 sdt gula pasir ato secukupnya
2 siung bawang putih, haluskan
2-3 sdt minyak wijen
2 sdt air jeruk lemon/nipis
2 sdm maizena
2 sdm terigu
Daun bawang iris, secukupnya

Pelapis:

1 butir putih telur, kocok lepas
Extra maizena, dan breadcrumb secukupnya

Cara:

Aduk semua bahan menjadi satu, giling dengan chopper beberapa saat *jangan terlalu halus*.
Bulat2kan adonan, gulingkan ke extra maizena, celup putih telur & gulingkan ke breadcrumb.
Deepfry hingga kuning keemasan, tiriskan.
Sajikan dengan saus favorit masing2

Note:

cocok dengan mayones, thousand island, sambal bangkok, saus lemon, saus asam manis dan ofkors saus tomat & sambel botol :D

Fresh Green Salad

By: Lia

Bahan:
Selada bokor, iris kasar
Timun jepang, iris tipis
Bawang bombay, iris tipis
Kuntum brokoli, blansir sebentar

Alternatif Dressing I, aduk jadi satu *sesuaikan jumlah sayur*:

4 sdm salad oil *daku pake vco, bole pake oilive oil ato lainnya*
1 sdm air jeruk lemon
1/3 sdt black pepper bubuk
1 sdm madu
1 sdt bawang putih parut
1 sdm bawnag bombay cincang halus
2 sdt seledri iris, atau herbs lainnya

Alternatif Dressing II, aduk jadi satu:

3 sdm tahini
1 sdm air lemon atau 2 sdm plain yoghurt
1sdt bawang putih parut
2 sdt madu
3 sdm minyak salad
2 sdm bawang bombay cincang halus

Cara:

susun sayuran di mangkuk, dinginkan di kulkas, siram salah satu dressingnya & sajikan segera.

Note:

Tahini, pasta mirip pindakaas/selai kacang, tp terbuat dari wijen. boleh diganti pindakaas.

Puding Longan Segitiga

Bahan :

1 bungkus agar2

500 ml air

1 kaleng buah longan

300 ml air buah kaleng

120 gr gula pasir


Cara Membuatnya :

Campur agar2 dengan air, aduk rata, didihkan

Setelah mendidih masukkan gula, aduk sampai larut

Kalau sudah mendidih matikan api, lalu masukkan air kaleng, aduk rata

Masukkan dalam loyang segitiga, isi setengah, bekukan

Setelah beku, susun buah longan diatasnya

Lalu guyur lagi dengan sisa cairan agar2, bekukan

sajikan dengan sisa buah kaleng

Skutel Tahu

By: Inong DapurBunda

Bahan :

10 bh tahu cina, hancurkan sampai halus

1 buah dada ayam, rebus dengan garam, suwir2

2 ikat daun bayam, siangi

10 gr mentega

1 buah bawang bombay

5 butir telur kocok sebentar

100 gr keju parmesan/cheddar parut

500 cc susu cair

1 sdt pala bubuk

1 sdt merica bubuk

2 sdt garam

1 sdt gula pasir


Cara membuatnya :

Tumis bawang bombay dengan mentega sampai layu

Masukkan ayam suwir, aduk rata

Tuangi susu, didihkan sambil diaduk hingga licin

Bubuhkan gula, garam, pala dan merica, aduk dan angkat dari api

Masukkan telur dan aduk rata

Tuang tahu ke dalam loyang, susun berlapis dengan bayam

Guyur dengan adonan telur, taburi keju parut

Panggang dengan panas 180 derajat C, selama 30 menit

Sajikan hangat

Rawon

Sumber: Lia - Surabaya


Bahan:

500 gr daging (paling enak bagian sandung lamur), potong2 dadu

1 liter air

2 batang sereh, geprak

3 cm lengkuas, geprak

5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

2 sdt air asam

Garam & gula pasir secukupnya

4 tangkai daun bawang, bersihkan & potong 2-3cm

4 sdm minyak sayur untuk menumis

Bumbu halus:

2 buah cabe merah

8 butir bawang merah

5 siung bawang putih

2 sdt ketumbar sangrai

½ sdt jintan sangrai

2 cm kunyit

2 cm jahe

1 cm kencur (optional)

4-5 buah keluak yang bagus, ambil dagingnya aja ya (ya iya lah, masak batoknya mo dimakan :P)

Pelengkap:

Taburan bawang goreng

Sambel terasi

Taoge pendek yang udah dibersihkan

Krupuk udang

Telur asin

Cara:

Rebus air sampe mendidih.

Sementara nunggu mendidih panasin minyak, tumis bumbu halus, sereh, lengkuas dan daun jeruk sampe wangi dan pekat.

Masukin potongan daging & air asam, aduk2 sambil terus ditumis sampe daging berubah warna dan kaku.

Masukin tumisan ke dalam air yang sedang mendidih, tambahin garam & gula pasir, tutup & kecilin api. Masak sampe daging menjadi empuk (kalo kuahnya brasa kurang, tambah sendiri ya).

Setelah daging empuk, masukin irisan daun bawang. Aduk rata & didihkan sekali lagi, angkat.

Sajikan hangat dengan nasi putih dan pelengkap.

Bongko Mutiara

Sumber: Yudhiawati (Teras Kuliner)

Bahan:
250 gr sagu mutiara
100 gr gula pasir
½ bh kelapa setengah tua, parut
½ sdt garam
½ sdt vanili

Cara membuatnya:

• Rendam sagu mutiara dalam air di baskom hingga mekar dan empuk, tiriskan.
• Aduk sagu dengan kelapa parut, gula pasir, vanili dan garam.
• Kukus selama 30 menit, hingga matang, angkat.
(bisa menggunakan daun pisang, cetakan kue apem, atau ditempat lain)

Acar Ekor Kuning

Sumber: Yudhiawati (Teras Kuliner)

Bahan :
2 ekor ikan ekor kuning/ikan lain
2 sdt garam
1 sdm air jeruk lemon
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut, buang tulang daunnya biar gak pait
1 batang sereh, geprek terus potong potong kira kira 5 cm
2 buah wortel, potong potong memanjang
2 buah timun, buang bijinya terus potong memanjang
10 siung bawang merah, belah 2
5 buah cabe rawit merah ato cabe merah yang dibelah 2
3 buah tomat hijau, belah 4

Bumbu Halus :
4 siung bawang putih
4 cm kunyit
4 cm jahe
10 butir kemiri
8 siung bawang merah

Caranya :
• Bersihin ikan, cuci pakai larutan garam plus cuka ato air jeruk, diamkan sekitar 10 menit terus cuci bersih
• Taburi ikan dengan garam dan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit
• Goreng ikan sampai garing
• Tumis bumbu halus dengan minyak goreng sampai matang dan harumMasukkan wortel dan timun, tumis sampai matang, tambahkan air secukupnya, masak ampe wortelnya cukup empuk
• Masukkan bawang merah belah, cabe rawit ato cabe merah, tomat hijau, garam, gula pasir dan air jeruk nipis
• Setelah bumbu matang masukan ikan goreng, rendam dalam bumbunya sampai meresap

Cah Jagung Muda Cabe Ijo Jambal Roti

Sumber: Yudhiawati (Teras Kuliner)

Bahan:
200 gr ikan asin jambal, potong dadu kecil
500 gr jagung muda, iris tipis serong
10 bh cabe hijau, iris tipis
8 bh cabe merah, iris tipis
8 bh bawang merah, iris tipis
4 bh bawang putih, iris tipis
1 ruas lengkuas, memarkan
1 bh sereh, memarkan
2 lbr daun salam
1 sdm gula pasir
½ sdt garam
3bh tomat hijau, belah 4

Cara Membuatnya:
  1. Goreng ikan asin jambal hinga kuning kecoklatan, sisihkan.
  2. Taruh jagung muda iris dalam wadah, siram dengan air panas, tutup. Biarkan lk. 20 menit, tiriskan.
  3. Panaskan sedikit minyak dipenggorengan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu, masukkan cabe merah dan cabe hijau, tumis lagi sebentar. Masukkan jagung muda, aduk rata, masukkan daun salam, lengkuas dan sereh. Aduk-aduk, tuangi gula pasir , garam dan sedikit air, masukkan tomat hijau. Biarkan bumbu meresap sebentar.
  4. masukkan ikan jambal roti goring, aduk rata, angkat

Selasa, 18 Agustus 2009

Donat Almond



Penulis: Fatmah Bahalwan

Bahan A :

500 gr tepung terigu protein tinggi

100 gr gula pasir

11 gr ragi instant

4 btr kuning telor

200 ml air

BahanB;

100 gr mentega/margarine

1 sdt garam

Bahan C:

200 gr White Cooking Chocolate, lelehkan

100 gr Almond Slice panggang

Cara membuat:

  1. Aduk bahan A, uleni hingga bergumpal-gumpal, masukkan bahan B, uleni terus hingga kalis elastis.
  2. Bulatkan adonan istirahatkan 10 menit, langsung potong dan timbang 40gr.
  3. Bulatkan mulus, tata dalam loyang yg sudah dipoles mentega dan ditabur tepung, istirahatkan 20 menit.
  4. Lubangi tengahnya, lalu goreng hingga matang. Tiriskan. Dinginkan.
  5. Celup satu sisi permukaan donat dalam coklat leleh, taburi almong. Dinginkan agar coklat beku. Kemas dalam plastik kilap.

Nastar Spesial

By: Sahak Pribadi

Bahan :

300 gr butter

75 gr gula halus

25 gr susu bubuk

5 butir kuning telur

5 gr garam

450 gr tepung terigu

50 gr tepung maizena

Isi :

800 gr selai nanas

Olesan :

3 butir kuning telur

1 sdt garam

25 gr air

( campur semua bahan diatas lalu aduk rata ).

Cara membuat :

- Kocok butter, gula halus dan kuning telur sampai mengembang.

- Masukan tepung terigu, maizena dan susu bubuk secara bertahap.

- Adoan siap dibentuk.

Penyelesaian :

- Abil adonan 1 sdt lalu pipihkan.

- Masukan selai nanas lalu tutup dan dibentuk dan disusun diloyang.

- Lakukan sampai adonan habis.

- Simpan dalam lemari es smpai mengeras.

- Hidupkan oven dengan panas 150 derajat..

- Keluarkan adonan yang sudah dibentuk dari lemari es.

- Panggang selama 20 menit.

- Keluarkan dari oven kemudian poles dengan bahan oles.

- Panggang kembali sampai warnanya kecoklatan atau sampai matang.

- Poles kembali dengan bahan oles.

- Panggang lagi selama 3 – 5 menit.

- Keluarkan dari oven lalu dinginkan.